Hari 1:
Pengenalan kepada SketchUp sebagai perangkat pemodelan 3D.
Menjelajahi antarmuka pengguna SketchUp.
Menggambar objek dasar seperti garis, bentuk, dan teks.
Menggunakan alat pemodelan dasar seperti Move, Rotate, dan Scale.
Praktek: Membuat objek sederhana dalam SketchUp.
Hari 2:
Memahami konsep grup dan komponen dalam SketchUp.
Membuat dan mengelola grup dan komponen.
Menerapkan warna, tekstur, dan material pada objek.
Mengenal perspektif dan kamera dalam pemodelan 3D.
Praktek: Membuat dan mengelola grup, komponen, dan menerapkan material.
Hari 3:
Pengenalan kepada alat gambar 2D dan 3D dalam SketchUp.
Menggambar dan mengedit bentuk geometri dengan alat Line, Circle, Rectangle, dan lainnya.
Pemodelan objek dengan alat Push/Pull dan Follow Me.
Praktek: Membuat objek 3D dengan alat pemodelan.
Hari 4:
Menerapkan pengukuran dan dimensi pada model.
Memahami konsep lapisan (layers) dan manajemen lapisan.
Menerapkan teknik editing lanjutan seperti Offset, Intersect, dan Solid Tools.
Praktek: Mengukur, dimensi, dan mengelola lapisan.
Hari 5:
Mengenal konsep kompatibilitas dan ekspor model.
Menerapkan fitur SketchUp yang berguna untuk presentasi seperti scene, animation, dan pembuatan gambar.
Proyek Akhir: Membuat proyek pemodelan 3D yang melibatkan semua yang telah dipelajari selama kursus.
Penyelesaian kursus dan sertifikat.